Metode Digital Marketing yang Bisa Diterapkan Pada Bisnis Kita
Kemajuan teknologi telah mengubah banyak hal termasuk juga dalam bidang pemasaran. Semakin banyaknya orang yang terhubung ke internet menjadikan pemasaran digital atau digital marketing menjadi sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan agar bisa menjangkau lebih banyak orang dan tetap mampu bersaing dengan kompetitornya.
Berbeda jenis bisnis tentu berbeda juga karakteristik konsumen yang ditargetkannya sehingga metode digital marketing yang dipakai juga biasanya tak sama. Saat ini ada cukup banyak metode digital marketing yang bisa kita pilih untuk kita terapkan pada bisnis kita. Namun tentu saja inti dari berbagai metode digital marketing tersebut hampir sama yakni mendatangkan visitor ke website/landing apage bisnis kita untuk kemudian melakukan transaksi. Adapun beberapa metode digital marketing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
SEO
SEO atau search engine optimization adalah salah satu teknik digital marketing yang banyak dipakai baik oleh individu maupun oleh korporasi. Sesuai dengan namanya metode SEO ini dilakukan dengan cara melakukan optimasi sedemikian rupa sehingga mampu menempatkan website pada halaman awal search engine. Dengan website berada di halaman satu mesin pencari seperti google dan yang sejenisnya tentunya pemilik usaha berharap agar mendapatkan banyak pengunjung yang nantinya bisa dikonversikan menjadi penjualan.
Yang perlu diketahui SEO ini sifatnya organic traffic dan biasanya membutuhkan jangka waktu tertentu untuk bisa berhasil atau tidak bisa instant. Namun jika optimasi SEO dilakukan dengan benar maka manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang selama web masih bertengger di halaman satu mesin pencari. Dengan kata lain melakukan optimasi SEO adalah investasi jangka panjang untuk usaha kita.
Untuk optimasi SEO kita bisa menggunakan layanan jasa seo yang saat ini banyak ditawarkan dengan rentang harga yang bervariasi. Namun jika kita memang sudah paham tentang SEO dan memiliki cukup waktu maka tak masalah melakukan optimasi SEO sendiri.
SEM
SEM adalah singkatan dari search engine marketing atau bahasa gampangnya ngiklan di mesin pencari. Dan karena di Indonesia maupun banyak negara lainnya mesin pencari yang populer adalah google maka SEM identik dengan google ads (google adwords).
Cara mendatangkan trafik dengan SEM ini adalah paid traffic yakni kita membayar ke mesin pencari agar iklan atau website kita bisa muncul di mesin pencari tersebut. Mendatangkan traffic dengan SEM bisa dibilang cukup instant. Kita tinggal bayar dan setting campaign iklan kemudian setelah iklan ditayangkan maka visitor akan datang ke website kita. Namun meskipun berbayar dan instant tak ada jaminan visitor bisa terkonversi menjadi pembeli mengingat ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi seperti tampilan website, copywriting, harga dan lain sebagainya.
Karena bersifat paid traffic maka keberlangsungan SEM ini sangat bergantung pada budget yang ada. Saat budget sudah habis ya sudah iklan di mesin pencari akan berhenti sampai disitu saja. Dan otomatis aliran visitor ke web/landing page yang kita miliki akan berakhir.
SMO
SMO merupakan singkatan dari social media optimization merupakan salah satu teknik digital marketing yang dilakukan dengan mengoptimasi postingan kita di social media sehingga mempunyai engagement yang bagus. Tak hanya itu penggunaan teknik SMO juga bisa meningkatkan brand eksposure kita. Salah satu cara sederhana untuk melakukan teknik SMO ini adalah dengan membuat postingan di socual media yang semenarik mungkin sehingga banyak yang share postingan tersebut. Namun tentu saja postingan yang menarik saja tidak cukup, kita perlu membuat postingan socmed yang sesuai dengan audience yang kita targetkan. Penerapan SMO yang efektif akan membantu kita untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas serta bisa meningkatkan brand awareness dari produk yang kita miliki. Dan hal ini secara langsung ataupun tidak akan membantu meningkatkan penjualan ataupu jenis konversi lain tergantung dari model monetize bisnis online yang kita jalankan.
SMM
SMM atau social media marketing adalah salah satu upaya digital marketing yang dilakukan dengan memasang iklan di social media seperti di facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri SMM yang populer adalah memasang iklan id facebook serta instagram. Hal ini karena saat kita memasang iklan di platform tersebut kita bisa benar benar menargetkan audience sesuai keinginan kita. Misalnya saja kita ingin agar iklan kita tampil hanya pada audience wanita dengan rentang umur tertentu di kota A misalnya maka kita bisa dengan mudah mensetting FB ads sesuai dengan requirement tersebut.
Email Marketing
Email marketing merupakan salah satu teknik marketing digital yang dilakukan dengan catra memasarkan produk dan jasa kita lewat email. Meski kedengarannya cukup muda email marketing ini tida bisa dilakukan secara sembarangan saja karena salah salah kiriman email kita bukannya dibaca oleh penerima akan tetapi dianggap spam. Untuk bisa melakukan email marketing dengan baik tentunya kita perlu mengenali calon pelanggan kita dan membuat campaign yang sesuai dengan target yang akan kita kirimi email. Karena itu memiliki list email yang tepat adalah salah satu kuncinya.
Video Marketing
Video marketing adalah salah satu metode digital marketing yang belakangan ini cukup banyak dipakai oleh beberapa brand baik besar maupun kecil. Tentunya beberapa waktu belakangan ini kita serinhgkali menyaksikan beberapa brand melakukan promonya dalam bentuk video entah itu lewat youtube, tik tok maupun yang lainnya. Untuk beberapa jenis produk promosi dalam bentuk video ini bisa menarik banyak orang dan mendatangan lead yang tak sedikit jumlahnya.
Posting Komentar untuk "Metode Digital Marketing yang Bisa Diterapkan Pada Bisnis Kita"